DUA JURUS SEHAT MENAMBAH BERAT BADAN

Kalau mereka yang mengalami kegemukan berusaha mengurangi berat badannya dengan diet ketat, orang yang berbadan kurus justru lebih membebaskan dirinya dengan mengonsumsi berbagai makanan, terutama yang berlemak, supaya bobotnya bisa bertambah.


Menurut Edwin Lao, seorang ahli nutrisi, upaya menambah berat badan seharusnya juga mempertimbangkan aspek kesehatan. Ini berarti, seseorang tidak boleh makan sepuasnya. Seperti halnya usaha menurunkan bobot tubuh, menambah berat badan pun seharusnya dilakukan secara bertahap.

Edwin, yang juga seorang pakar kuliner sehat, memberikan dua tips penting bagi Anda sebagai panduan menambah berat badan secara sehat. Pertama, jangan pernah lupakan olahraga karena dengan bergerak, tubuh akan lebih mudah menyerap kalori.

“Banyak orang kurus takut berolahraga karena khawatir badannya akan bertambah kurus. Padahal, dengan berolahraga, tiap molekul sel akan membuka diri. Hal ini baik untuk penyerapan kalori,” katanya saat ditemui, Rabu (24/3/2010) kemarin di Jakarta.

Tips kedua adalah makanlah dengan lebih sering, tetapi dengan porsi sekecil mungkin.  “Makanlah lebih sering dalam porsi sekecil mungkin. Jika sebelumnya satu piring nasi dihabiskan untuk sekali makan, sekarang bagi untuk tiga kali makan,” katanya.

Untuk sarapan, Edwin menyarankan mengonsumsi jenis makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Sedangkan pada siang hari, penuhilah piring Anda dengan makanan yang lebih banyak mengandung protein dan serat.

“Untuk malam hari, pilih makanan yang rendah karbohidrat dan protein,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai trainer kebugaran ini.

From:kompas_news

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s