INDIA JUAL MOBIL TERMURAH DI DUNIA

NEW DELHI, JUMAT — Pabrik mobil nasional India Tata Motors menegaskan bahwa mulai April akan menjual Nano, city car termurah di dunia dan sudah bisa dijumpai di showroom. Launchingnya, menurut juru bicara Tata Debasis Ray, seperti dikutip kantor berita AFP akan dilakukan bertepatan dengan hari jadi perusahaan Tata Motors, 23 Maret mendatang di Mumbai.


Nano akan muncul dengan beberapa varian. Untuk varian terendah dihargai sekitar Rp 24 juta (2.000 dollar AS). Pantas jika kendaraan empat pintu ini dinobatkan yang termurah di dunia. Sedang untuk versi Eropa harganya tiga kali lipat, yakni sekitar Rp 76 juta (6.390 dollar AS).

Untuk pemesanan mobil sudah bisa dilakukan pada minggu kedua April, seminggu setelah dipajang di ruang pamer. Mengenai soal harga dan distribusi akan diumumkan bersamaan dengan launching.

Seorang analis dari K.R. Choksey Shares and Securities Gaurav Lohia mengatakan kalau Nano ini akan meledak permintaannya. “Antrean panjang di depan showroom akan dijumpai saat pasar Nano dibuka,” katanya.

Dilaporkan oleh manajemen Tata bahwa pada kuartal pertama 2009, pihaknya mengalami kerugian pertama kali dalam tujuh tahun. Tata Motors tahun lalu berhasil membeli saham kendaraan mewah Inggris, Jaguar dan Land Rover seharga Rp 27 triliun. Namun, akibat dari krisis ekonomi, pembelian itu menjadi mubazir dan membuat gengsi mobil itu jatuh.

Nano sekarang ini diproduksi di pabrik Tata di Gujarat, salah satu dari sekian banyak areal industri di India. Untuk pasar Eropa, menurut Ratan Tata, timnya akan bertemu dengan tim emisi dan standar keselamatan Inggris untuk membicarakann soal standar keselamatan dll. Termasuk rencana mengenai partisipasi di Geneva Motor Show awal Maret ini.

From:kompas_news

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s