WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA CAPAI 100.000 ARTIKEL

JAKARTA, SELASA — Wikipedia bahasa Indonesia, sebuah situs ensiklopedia terbesar berbahasa Indonesia yang seluruh artikelnya diisi dan dijaga oleh sukarelawan, telah mencapai artikel ke-100.000 pada 21 Januari 2009.


Melalui siaran pers di Jakarta, Senin, disebutkan artikel ke-100.000 pada Wikipedia berjudul Lucky by Chance—judul sebuah film Bollywood—dan ditulis oleh sebuah pengguna anonim.

Jumlah artikel yang sedemikian besar dicapai oleh Wikipedia bahasa Indonesia yang hanya memiliki sekitar 50 sukarelawan sebagai pengguna aktif.

Analis paruh waktu Wikimedia Foundation, Erik Zachte, menjelaskan, dengan jumlah 100.000 artikel Wikipedia bahasa Indonesia kini bersanding dengan bahasa-bahasa besar lain di dunia, seperti bahasa Inggris dengan lebih dari dua juta artikel, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, dan lainnya yang telah memiliki lebih dari 100.000 artikel lebih dulu.

Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada bulan Mei 2003, dan pada awal 2004 menduduki peringkat ke-50 dunia ditinjau dari banyaknya artikel.

Kini posisinya naik menduduki peringkat ke-25 dari total 265 proyek ensiklopedia bebas dari berbagai bahasa yang dikelola oleh Wikimedia Foundation.

Wikipedia juga memiliki artikel dalam bahasa Jawa sebanyak 16.897 artikel dan artikel Bahasa Sunda sebanyak 14.354 artikel.

Pada bulan Januari 2008, situs web Wikipedia bahasa Indonesia mendapatkan 725.000 kunjungan halaman (page view) per hari, dan halaman yang paling banyak dilihat adalah artikel “Konflik Israel-Palestina” dengan 3.976 hit per hari dan “Globalisasi” dengan 3.343 hit per hari.

Artikel yang paling banyak disunting adalah artikel “Islam” dengan suntingan sebanyak 760 kali oleh 120 pengguna terdaftar yang berbeda-beda dan lebih dari 50 pengguna anonim.

Pengguna Borgx tercatat sebagai pengguna teraktif dan telah melakukan 80.000 kali penyuntingan sejak terdaftar menjadi pengguna pada tahun 2005.

Wikimedia Indonesia adalah perkumpulan independen yang didirikan dan dibiayai sendiri oleh sukarelawan Indonesia.

Perkumpulan ini didirikan untuk mendukung upaya-upaya pengadaan dan penyebarluasan materi-materi pengetahuan bersumber terbuka dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang dituturkan di Indonesia.

From:kompas_news

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s